Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar cenderung masih belum maksimal, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih berpaku pada model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang siswa. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika dinyatakan meningkat, hal dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 820, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 75%) dan siklus II (jumlah 890, rata-rata 74, daya serap 74%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, ditandai oleh kenaikan rata-rata daya serap 6% dan ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 25%. Sehingga berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Telaga semester II tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
References
Anisensia, T., Bito, G. S., & Wali, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.351.
Artini, N. N. M. (2016). Pembelajaran Model STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 39 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v3i1.3033.
Hakim, A. R. (2018). Kecerdasan Interpersonal Siswa Melalui Model Student Teams Achievement Divisions. Elementary School Education Journal, 2(1), 51–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i1.1210.
Hidayat, F., Zulhendri, & Zulfah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kuok. Journal On Education, 1(1), 30–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.7.
Indrawati, N. L. G. E., & Renda, N. T. (2017). PENERAPAN MODEL Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD NO . 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Jurnal of Education Action and Reserch, 1(2), 68–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jear.v1i2.12040.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik STAD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.
Meke, K. D. P., & Wondo, M. T. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan, 6(3), 588–600. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2861.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/ 10.30656/gauss.v3i1.2127.
Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20 Oktober.648.
Puspitaningrum, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Pengurangan Bilangan Cacah Matematika Kelas III di SDN Cipetung. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 6(2), 159–168. https://doi.org/https://doi.org/10.26877 /jp3.v6i2.7324.
Rahmiati, Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Mosharaf, 6(2), 267–272. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.314.
Rambe, A. H. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division ( STAD ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/index%0AImplementasi.
Rangkuti, R. K., Ramli, M., & Nasution, M. I. (2019). Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-STAD Terintegrasi ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 64–69. https://journal.iainlangsa.ac.id/index .php/qalasadi/article/view/885/618.
Santoso, K. B. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 174–179. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.9213.
Subya, W. O., Rahim, U., & Suhar. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 11 Kendari Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 113–126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709 /jppm.v5i1.7314.
Surya, A. (2018). Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php/jpi/article/download/11692/8417.
Susanti, Y., Utaya, S., & Wahjoedi. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan, 2(5), 661–666. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.
Tongato. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD KELAS X SMA PKP DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(3), 137–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v2i3.32.
Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 69–87. https://doi.org/10. 14421/jppm.2019.012-02.
Wulandari, S., & Wardani, K. W. (2017). Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Menggunakan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 587–599. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/113.
Yuniawardani, V., & Mawardi. (2018). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan model problem based learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 24–32. https://media.neliti.com/media/publications/266970-peningkatan-hasil-belajar-pada-pembelaja-038080bd.pdf.