Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52120Kata Kunci:
Kooperatif Tipe STAD, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Penjasorkes melalui Kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD Negeri 6 Selat semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Penjasorkes. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar unjuk kerja, metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran pendidikan penjasorkes mengalami peningkatkan, ini dibuktikan peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1467, rata-rata sebesar 73, daya serap sebesar 73%, ketuntasan belajar sebesar 60%) dan siklus II (jumlah 1617, rata-rata sebesar 81, daya serap sebesar 81%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap sebesar 8% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 40%. Kesimpulan penerapan kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD Negeri 6 Selat semester II tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes.
Referensi
Afandi, M. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Muhammadiyah Tanjung Inten. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3875.
Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355.
Ardinata, I. K. R., Wahjoedi, W., & Dartini, N. P. D. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Penjakora, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14477.
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41.
Astrawan, K. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tolak Peluru. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.350.
Darani, N. L. wisma. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33743.
Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V Sdn 4 Pringgabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 124–133. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.64.
Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu Dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3344.
Kadang, S. A., & Nainggolan, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236.
Kusumawati, O., & Nugroho, A. W. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Penjasorkes Melalui Aktivitas Jelajah Alam Sekitar Sekolah (Ajass) Bagi Anak Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Sekota Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4777.
Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Kreatif terhadap Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 236–245. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010.
Manalu, W. (Universitas N. J. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1.
Muhlisin, A., Wijaya, M. A., & Agung, I. G. L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31939.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.
Rami, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Journal of Education Technology, 3(3), 186–189. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21744.
Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Di SD INPRES Ende 14. Mimbar PGSD, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983.
Rohman, U. (2017). Evaluasi kompetensi pelatih sepakbola usia dini di sekolah sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 92–104. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8186.
Rokhayati, A. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 57. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664.
Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I2.17397.
Sihombing, I. L., Simarmata, E. J., Mahulae, S., & Silaban, P. J. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3974–3979. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1010.
Sopiyati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Melompat Dengan Menggunakan Media Tali Karet Gelang Pada Kelompak A Di TK Pertiwi Dahlia Desa Sambirejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020/. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 73–80. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.230.
Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397.
Suparmini, M. (2021a). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559.
Suparmini, M. (2021b). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559.
Susila, I. W. A. (2022). Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Journal of Education Action Research, 6(2), 228–234. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46609.
Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450.
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303.
Yuniarti, D., Abadi, I. B. G. S., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16970.
Zanuarista, L., & Sulistyowati, S. N. (2020). Penerapanmodel Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Rangka Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v4i1.1532.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ketut Tanaya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.