PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PROSES MENGOMUNIKASIKAN DALAM MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Penulis

  • I Putu Artawan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Arini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21715

Kata Kunci:

Pendekatan Saintifik, Time Token, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik proses mengomunikasikan dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun  pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan  non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sekolah yang dijadikan sampel yaitu kelas IV SDN 1 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 1 Pemaron sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar bahasa Indonesia dikumpulkan dengan metode tes berupa tes objektif dan tes uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskritif dan uji-t. Berdasarkan analissi data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung = 2,42 lebih besar dari ttabel  = 2,006dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik  proses mengomunikasikan dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Di samping itu, didapatkan pula bahwa mean kelompok ekperimen adalah 29 dan mean kelompok kontrol adalah 26,29. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan pendekatan saintifik proses mengomunikasikan dalam model time token berpengaruh positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.

Referensi

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasi Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogjakarta: Gava Media

Dibia, I Ketut dan I Putu Mas Dewantara. 2014.Bahasa Indonesia Keilmuan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogjakarta: Pusta pelajar

Juliati,Wayan. 2013. “ Pengaruh model Time Token berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan birbicara siswa kelas V SD gugus I Gianyar”. E-jurnal Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha, Vol:1, No: 2, 9

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Ragam Pengembangan Model Pelajaran. Jakarta: Kata Pena

Musfiqon, Hm dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Muslich, Mansnur.2012. Bahasa Indonesia Pada Era Globalisasi.Jakarta: Bumi Aksara.

Mustikawati, Nyoman Diah. 2015. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyimak dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Cita-Citaku pada Siswa Kelas IV SDN Desa Peguyangan Ditinjau Dari Jenis Pertanyaan Guru”. E-jurnal Mimbar PGSD.Universitas Pendidikan Ganesha Vol.3 No1

Ningsih, Suwarti. 2014.”Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol:2, No: 4, 244

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Diterbitkan

2019-10-31

Cara Mengutip

Artawan, I. P., Arini, N. W., & Parmiti, D. P. (2019). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PROSES MENGOMUNIKASIKAN DALAM MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Journal of Education Technology, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21715

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama