PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE BERBASIS BUDAYA PENYELIDIKAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11744Kata Kunci:
children learning in science, budaya penyelidikan, kompetensi pengetahuan IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran children learning in science berbasis budaya penyelidikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Timur. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Srikandi Denpasar Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 344 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling. Data hasil kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif tipe pilihan ganda biasa yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 3,95 dengan dk = 67 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,00. Dengan demikian, nilai thitung > ttabel. Selain itu, nilai rata – rata kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran children learning in science berbasis budaya penyelidikan lebih dari rata – rata siswa yang tidak dibelajarkan melalui model pembelajaran children learning in science berbasis budaya penyelidikan yakni (80,51 > 71,03). Dengan demikian, model pembelajaran children learning in science berbasis budaya penyelidikan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Timur tahun pelajaran 2016/2017.
Referensi
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Budiarti, Luh Putu Yudha. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran CLIS terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 2, Nomor 1.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Nalasari, Kd Anggi. 2016. “Penerapan Inkuiri Terbimbing dalam Pendekatan Saintifik Berbasis Budaya Penyelidikan untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pengetahuan IPA”. e - Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 3).
National Science Teachers Association. 2009. The Biology Teacher’s Handbook 4th Edition. Terjemahan Bambang Sarwiji. Buku Pedoman Guru Biologi Edisi ke-4. 2013.Cetakan I. Jakarta: PT Indeks.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sumarni, Sri.2012.Metodelogi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Insan Madani.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)