PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDRENS LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774Kata Kunci:
model pembelajaran CLIS, media lingkungan, kompetensi pengetahuan IPAAbstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Childrens Learning In Science (CLIS) berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) dengan rancangan yang digunakan adalah “rancangan kelompok non-ekuivalen”. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah kompetensi pengetahuan IPA dengan menggunakan tes kompetensi pengetahuan IPA bentuk pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata nilai kelompok eksperimen yaitu 76,02 berada pada kategori baik dan kelompok kontrol yaitu 69,43 berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 3,71 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 90 didapat ttabel = 1,98. Kriteria pengujian thitung > ttabel (3,71 > 1,98) maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2016/2017.
Referensi
Aryani, Luh dkk. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Sukasada. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3.
Budiarti, Luh Putu Yudha dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 nomor 1.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian.Yogyakarta: ANDI.
Emda, Amna. 2011. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Volume 12 nomor 1.
Erviana, Lina. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP-IT AR Rahmah Pacitan. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, Volume 7 nomor 2.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Rahayu, Esti Setya. 2015. Aplikasi Model CLIS (Children’s Learning In Science ) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Kimia Siswa Kelas X MAN Tulungangung 1 Melalui Pembuatan Briket Sampah Organik. Jurnal Review Pendidikan Islam, Volume 01 nomor 02.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Cetakan Ke 3. Jakarta: PT Indeks.
Setiawan, Denny, dkk. 2009. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sinambela, Pardomuan Nauli Josip Mario. 2013. Kurikulum 2013 dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Generasi Kampus volume 6 nomor 2 tahun 2013.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardana, Wayan Adi dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Sawan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 nomor 1.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)