Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV jurusan PGSD UPP Denpasar yang berjumlah 233 orang. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalen Control Group Design. Data hasil belajar pendidikan matematika dikumpulkan dengan tes hasil belajar matematika dan gaya kognitif dikumpulkan den gan tes GEFT. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA berbantuan SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar dengan nilai F= 22,676 dengan taraf signifikan 0,05 (0,00<0,05)
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Candiasa, I.M. 2002. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Memprogram Komputer. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Vol. 4 No. 3 Desember 2002 (ISSN 1411-2744).
Dantes. 2012. Metode Penelitian. CV. ANDI OFFSET: Yogyakarta.
Degeng. 2001. Landasan dan Wawasan Pendidikan. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Negeri Malang.
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT. Rineka Cipta
Jihad. 2009.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Koyan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha Press: Singaraja.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta. Bandung
Syaodih, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Thubroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Marhaeni. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Meizum, Dewi. 2011. “Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent”. http://www.google.ac.id.gaya belajar/gaya-kognitif-field-dependent-dan-field.html. DiunduhTanggal 25 April 2013.
Muhsetyo, Gatot, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Oliver, Richard L. 2010. Satisfaction : A Behavioral Perspective on the consumer. Routledge: Taylor & Francis Group. New York
Poerwarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahmawati, M. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Kampus. ASSETS, Volume 4 (2). Desember 2014: 225-234
Uno, B. Hamzah. 2010. Orientasi dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)