Media Fun Thinkers Berbasis Soal Calistung pada Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku untuk Siswa SD Kelas 1

Authors

  • Jummita Jummita Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37258

Keywords:

Media Fun Thinkers, Calistung

Abstract

Penggunaan gadget secara terus menerus dapat memberikan dampak buruk bagi siswa. Hal tersebut berdampak pada pola perilaku dan aktivitas belajar siswa. Diperlukannya media penyeimbang dalam pembelajaran daring yaitu media yang bersifat konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media fun thinkers berbasis soal calistung yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menyeimbangkan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembanga dengan menggunakan prosedur ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 2 orang ahli materi soal, 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang praktisi dan 7 orang siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah rating scale. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi pelajaran memberikan penilaian 4,63 (sangat baik), ahli media pelajaran memberikan penilaian 4,82 (sangat baik), penilaian yang diberikan oleh ahli respon praktisi yaitu 4,85 (sangat baik) dan hasil uji respon siswa media yaitu 4,95 (sangat baik), hasil tersebut menunjukakan media fun thinkers berbasis soal calistung layak digunakan. Media fun thinkers berbasis soal calistung dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penilaian yaitu media pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dan dalam proses pembelajaran.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. /https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Afifah, N. (2019). Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2). https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.512.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 5(1), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Ariebowo, T. (2021). Autonomous learning during COVID-19 pandemic : Students ’ objectives and preferences. Journal of Foreign Language Teaching and Learning, 6(1), 56–77. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/ftl.v6i1.10079.

Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL classes must go online! Teaching activities and challenges during COVID-19 pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Baber, H. (2021). Modelling the acceptance of e-learning during the pandemic of COVID-19-A study of South Korea. The International Journal of Management Education, 19(2). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503.

Baiduri, Marhan, & Lufita. (2019). Pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis audio pada materi bangun datar segiempat. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1951.

Carlucy, Suadnyana, & Negara. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Fatmawati, F., & Harmanto. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan IPS. Joyful Learning Journal, 8(2), 113–118. https://doi.org/10.15294/jlj.v8i2.

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan Metode Eksperimen Berbantu Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1). https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513.

Hanifah, & Budiman. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi ( Kotela ) Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Technology., 3(3), 1–137.http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Hosen, M., Ogbeibu, S., Giridharan, B., Cham, T.-H., Lim, W. M., & Paul, J. (2021). Individual motivation and social media influence on student knowledge sharing and learning performance: Evidence from an emerging economy. Computers & Education, 72. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104262.

Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74.

Kemendikbud. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2). https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140.

Kharisma Bismi Alrasheed, & Aprianti, M. (2011). Hubungan Antara Kecanduan Gadget Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja (Sebuah Studi Pada Siswa Smp Di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 136–142. http://dx.doi.org/10.17977/um023v7i22018p136.

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857.

Lee, T. T., & Osman, K. (2012). Interactive Multimedia Module in the Learning of Electrochemistry: Effects on Students’ Understanding and Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 1323–1327. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.295.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Linda, Albeta, Masnaini, & Sulismawati. (2018). The Effect Of Prezy And Exe-Learning Media On Chemical Learning Results. Jurnal Edusains, 10(1). https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7204.

Ma’ratusholihah, Priyanto, & Damayani, A. . (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19411.

Mapicayanti, Jamaludin, & Ahmad, F. (2018). Perancangan media pembelajaran berbasis video tutorial mendesain jaringan lokal/LAN kelas X TKJ. Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2). https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.913.

Mulyadin. (2016). Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan Sd Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31 – 48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Neppala, P., Sherer, M. V., Larson, G., Bryant, A. K., Panjwani, N., Murphy, J. D., & Gillespie, E. F. (2018). An interactive contouring module improves engagement and interest in radiation oncology among preclinical medical students: Results of a randomized trial. Practical Radiation Oncology, 8(4), e190–e198. https://doi.org/10.1016/j.prro.2018.01.001.

Nurani, Y., & Mayangasri, T. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2). https://doi.org/10.21009/JPUD.112.15.

Ompi, Sompie, & Sugiarso. (2020). Video animasi interaktif 3d dampak penggunaan gadget pada anak sekolah dasar tingkat awal. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 9(2). https://doi.org/10.35793/jtek.9.2.2020.29717.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

Prabaningrum, & Putra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.

Prasasti, T. I., Solin, M., & Hadi, W. (2019). The Effectiveness of Learning Media Folklore Text of North Sumatera Based on Blended Learning by 10th Grade Students of Vocational High SchoolHarapan Mekar-1 Medan. Bir-Le Journal, 4(2). https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.548.

Primasari, R. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasa Aliyah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 68–72. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101.

Purwanti, K. L. (2015). Pembelajaran Perkalian Pecahan Biasa Berbantu Media Benda Konkret: Studi Kasus Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Kelas V SDN Sambiroto 3 Semarang. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 5(2). https://doi.org/10.21580/sa.v10i2.1431.

Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470.

Putra, A. T., Handarini, D. M., & Ramli, M. (2019). Media Wayang Golek untuk Menumbuhkan Kesadaran Menyelesaikan Konflik secara Konstruktif bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11). /https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13006.

Putra, I. G. D. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. 4, 103–109.

Ricu Sidiq, & N. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019.

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256.

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 11. http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332.

Shaik Alavudeen, S., Easwaran, V., Iqbal Mir, J., Shahrani, S. M., Ali Aseeri, A., Abdullah Khan, N., Mohammed Almodeer, A., & Abdullah Asiri, A. (2021). The influence of COVID-19 related psychological and demographic variables on the effectiveness of e-learning among health care students in the southern region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009.

Suastika, I. K., & Amaylyla. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2). https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Suryadi, I., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pmri Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Judika Education, 3(2), 40–49. https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1263.

Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.

Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah, F. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12553.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Wardani, Anita, & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wiastuti, Suadnyana, & Kristiantari. (2014). Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2147.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2021-10-04

How to Cite

Jummita, J., Agustiana, I. G. A. T., & Dibia, I. K. (2021). Media Fun Thinkers Berbasis Soal Calistung pada Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku untuk Siswa SD Kelas 1. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 302–314. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37258

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)