Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Penulis

  • Made Dwi Lavita Sari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suadnyana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19343

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi menggunakan media booklet terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control grup design. Populasi sebanyak 350 siswa kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik sampel kelompok sehingga diperoleh sampel sebanyak 88 orang dengan rincian kelas V SD Negeri 13 Sesetan 44 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 6 Sesetan 44 orang sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t. Setelah data dari kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-hitung =3,632 > t-tabel =2,000 pada taraf signikansi 5% dengan dk =86. Selain itu nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen 12X">  =74,57 > 12X">  =70,77 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran artikulasi menggunakan media booklet terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman tahun ajaran 2017/2018.  Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan bagi penelitian lain khususnya sebagai bahan untuk mendalami objek penelitian model pembelajaran artikulasi menggunakan media booklet.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Media Booklet, Kompetensi Pengetahuan IPA

Referensi

Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agung, A.A.G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Agustini, Ni Luh Eni. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak TK. Universitas Pendidikan Ganesha: Vol 2 No:1. Diakses pada tanggal 18 Desember 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Ed. 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Model Pembelajaran: Kata Pena.

Lestari, Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Diterbitkan

2019-09-25

Cara Mengutip

Lavita Sari, M. D., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 154–161. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19343

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama