Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19343Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi menggunakan media booklet terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control grup design. Populasi sebanyak 350 siswa kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik sampel kelompok sehingga diperoleh sampel sebanyak 88 orang dengan rincian kelas V SD Negeri 13 Sesetan 44 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 6 Sesetan 44 orang sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t. Setelah data dari kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-hitung =3,632 > t-tabel =2,000 pada taraf signikansi 5% dengan dk =86. Selain itu nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen 12X"> =74,57 > 12X"> =70,77 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran artikulasi menggunakan media booklet terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan bagi penelitian lain khususnya sebagai bahan untuk mendalami objek penelitian model pembelajaran artikulasi menggunakan media booklet.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Media Booklet, Kompetensi Pengetahuan IPA
Referensi
Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agung, A.A.G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Agustini, Ni Luh Eni. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak TK. Universitas Pendidikan Ganesha: Vol 2 No:1. Diakses pada tanggal 18 Desember 2017.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Ed. 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Model Pembelajaran: Kata Pena.
Lestari, Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)