Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260Abstrak
Pembelajaran berlangsung kurang efektif sehingga siswa mengalami kendala ketika menerima atau memahami materi matematika, kurangnya partisipasi serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dipertengahan pembelajaran siswa kurang memperhatikan pembelajaran, kurangnya penggunaan media menyebabkan semangat belajar siswa menurun dan cepat bosan sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa, tidak semua siswa bisa berkonsentrasi dalam waktu yang relatif lama dan kemampuan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika berbeda-beda. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian adalah ekperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 70 siswa. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampling purposive. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes objektif berupa tes pilihan ganda. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh bahwa retata skor kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan retata kelompok kontrol (19,47 > 17,59). Uji-t diperoleh hasil bahwa t= 2,65, dan p (taraf signifikan 5%) = 1,995. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu Gambar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Lab Singaraja. Model model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu Gambar dapat diaplikasikan pada pelajaran matematika di sekolah dasar sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal pada pelajaran matematika.
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agustini, N. L. E., Agung, A. A. G., & Suarni, N. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77.
Anggarawati, I. G. A. A., Kristiantari, M. R., & Asri, I. G. A. A. S. (2014). Pengaruh Make a Match Berbantuan Kartu Gambar terhadap Hasil Belajar IPA SD. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Anggraeni, A. A., Verliana, P., & Fakthu, I. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218–225.
Dewi, R. N. L., & Laila, A. (2015). Pengaruh Metode Make a Match dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Seperti Kebhinekaan Siswa Kelas III SDN Purwodadi Kec. Kras Kab. Kediri Tahun Ajaran 2015. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2).
Fatimah, I. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 28–37.
Gading, I. K., & Kharisma, K. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 153–160.
Kaharuddin, A. (2018). Keefektifan Model Make A Match dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Marioriwawo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 12–23.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90–98.
Masa, N., Murda, I. N., & Mahadewi, P. L. P. (2017). Pengaruh Model Make a Match terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10.
Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1–11.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18.
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Model Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1–14.
Pujiati, S. S., Damayani, A. T., & Basyar, M. A. K. (2018). Keefektifan Model Tipe Make a Match Terhdadap Hasil Belajar Matematika Kelas II Semester 2 SD Negeri Ngeling 01 Jepara. Jurnal Sekolah, 2(4), 315–319.
Puspita, P. M., Wirya, I. N., & Aditya, P. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara di TK Catur Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudiarsini, M., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39.
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–67.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Utami, S. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 137–148.
Utiarahman, W., Madina, R. L., & Samsiah. (2013). Peran Guru dalam Penggunaan Media Kartu Gambar di Kelompok B TK Pembina Desa Bunoyo Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi, 1(153407168).
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52–59.
Yuliantini, K., Agung, A. A. G., & Wibawa, C. I. M. (2017). Pengaruh Make a Match Berbantuan Kartu Teka Teki terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)