Media Komik Literasi Berbasis Kontekstual Materi Hak dan Kewajiban Muatan PPKn Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45286Kata Kunci:
Komik Literasi, Kontekstual, PPKnAbstrak
Kurangnya ketersediaan buku tematik yang menyebabkan siswa kurang dapat memahami materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik literasi bebasis kontekstual materi hak dan kewajiban muatan PPKn kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini merupakan 1 dosen yang memiliki kualifikasi dibidang Teknologi Pendidikan, 1 dosen yang memiliki kualifikasi dalam mata pelajaran PPKn, 3 orang untuk uji coba perorangan dan 9 orang untuk uji coba kelompok kecil. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode non tes berupa observasi, wawancara dan penyebaran angket dengan instrument angket. Setelah data terkumpul dilakukan analisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil uji kelayakan pada media komik literasi mendapatkan persentase 92,18% untuk ahli media pembelajaran dan 97,91% untuk ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan untuk ahli desain pembelajran mendapatkan persentase 89,58% dengan kualifikasi baik. Untuk uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil mendapat persentase masing-masing 90,14% dan 94,41% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi, media komik literasi berbasis kontekstual materi hak dan kewajiban muatan PPKn kelas V layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Referensi
Agung, A. . G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Ariesta, F. W., & Kusumayati, E. N. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 22–33. https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.571. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.571
Artha, R. S., Suryana, D., & Mayar, F. (2020). E-Comic: Media for Understanding Flood Disaster Mitigation in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 341–351. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.12. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.142.12
Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. . G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677
Br Sinulingga, S. H., Jaria, J., & Barus, E. (2019). Development of Animation-Based Teaching Material on Explanation Text on XI Grade Students at MAN 2 Aceh Tenggara. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 257–266. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203. DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203
Chusnia, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk SD Kelas III. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesi (Vol. 1, Issue 1). https://eprints.umm.ac.id/24851/%0Ahttps://eprints.umm.ac.id/24851/1/jiptummpp-gdl-sitichusni-37836-1-pendahul-n.pdf.
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Harahap, S. A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42–47. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.327
Hidayah, N., & Rohmatillah, R. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Islami Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 27. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran bagi Siswa Sekolah Dasar di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 2–3.
Indah Pradnyani, G. A. M., Kristiantari, M. R., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Quantum Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn Siswa Kelas IV SD Gugus PB. Sudirman Denpasar Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 281. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12959. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12959
Indriasih, A., Sumaji, Badjuri, & Santoso. (2020). Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–166. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i9459. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228
Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235–245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343
Kartika, Ni Kadek Dela, & M. P. (2021). Media Permainan Monopoli pada Muatan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 75–79. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32426.
Krissandi, & Rusmawan. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 34(3), 457–467. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Kristiyanto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Development of Comic Media on Learning Theme 7 Sub-Theme 4 in Third Grade Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 4(4), 530–536. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.30206.
Masyhud, M. S., & Alfarisi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik (MASIK) Berbasis Augmented Reality pada Materi Volume Bangun Ruang. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 7–29. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/24755. DOI: https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24755
Maulidah, A. N., & Aslam. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 281–286. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Parhan, M., & Sukaenah. (2020). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran a Contextual Approach to Improving Pancasila and Civic Education. Jurnal Ilmiah Pendidian Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 360–368. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v5i2p360-368
Permana, I. M. J., & Sujana, I. W. (2021). Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 1–9.
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151
Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi melalui Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238
Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601. DOI: https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014a). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014b). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385
Putri, A. D. (2020). Nilai Antikorupsi dalam Buku Cerita Bergambar Peternakan Kakek Tulus dan Byur! KEMBARA :Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(1), 49–61. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i1.11353. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v6i1.11353
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Rohmanurmeta, M. . & D. . (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, 9(02), 131–141. https://doi.org/10.24269/muaddub.v11i2.1213. DOI: https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213
Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804
Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131. DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131
Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar Cerita Bergambar Bemuatan Religius terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175 – 185. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185
Setiawan, W. (2021). Matematika pada Sekolah Dasar di Era Pandemi. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 12–22. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/888/509.
Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113–121. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425. DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425
Suartama, I. K. (2016). Materi 4 Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran Oleh : I Kadek Suartama Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2016. Ubiquitous Learning Environment Based on Moodle Learning Management System, January 2016, 1–17.
Suharto. (2018). Peningkatan Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VI SDN 45 Jambak Kecamatan Bayang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(1), 63–69.
Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 dalam Pembelajaran Tematik di SDN se-Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.
Syukri, R., Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 81–91. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. 1–23.
Wahono, Sa’ada, N., & Kurniawati, T. (2017). Pembelajaran Interaktif Media Film Pendek. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 198–211. https://core.ac.uk/download/pdf/229569990.pdf.
Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5100–5111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600
Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384
Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Widyaningsih, N. P. A., & Ganing, I. N. (2021). Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 90. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534
Wulandari, A. (2020). Implementation of the 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). International Journal of Elementary Education, 4(3), 422. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Luh Putu Mekar Wulandari, Ni Wayan Suniasih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)