PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V

Authors

  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Hendra Sukmayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11441

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V semester II SD No. 2 Petandakan tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Data tentang hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian dianalisis dengan metoda deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 62,64 dengan ketuntasan belajar 71,43%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 66,93 dengan ketuntasan belajar 78,57%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa 74,07 dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan diberikan bimbingan secara intensif maka tampak peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,43 dan ketuntasan belajarnya pun meningkat sebesar 28,57%.

References

Agung, A. A. Gede. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.

-------. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Arnyana, Ida Bagus Putu. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Undiksha

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Muslimin, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kuntjojo. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif. Tersedia pada http://ebekuntwordpress.com /2009/07/31/untitled/.diakses pada tanggal 22 Desember 2009.

Nurkancana, Wayan. (2007). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Raga, Gede, dkk. (2006). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Singaraja: Undiksha.

Raga, Gede. (2008). Buku Ajar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.

Singaraja: Undiksha.Rusyan, Tabrani. (1989). Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung :Bina Budaya.

Sandiasih, Ni Luh. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa KelasVII A Semester II SMP Negeri 2 Selat Karangasem Bali Tahun Ajaran2007/2008. SkrIlmu Pengetahuan Sosiali (tidak diterbitkan). JurusanPendidikan ekonomi, Undiksha Singaraja.

Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tjandra, Made, dkk. (2005). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Singaraja. Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan IKIPN Siangaraja.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Prenada Media Group..

Downloads

How to Cite

Wibawa, I. M. C., & Sukmayasa, I. M. H. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V. International Journal of Elementary Education, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11441

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>