PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11441Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V semester II SD No. 2 Petandakan tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Data tentang hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian dianalisis dengan metoda deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 62,64 dengan ketuntasan belajar 71,43%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 66,93 dengan ketuntasan belajar 78,57%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa 74,07 dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan diberikan bimbingan secara intensif maka tampak peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,43 dan ketuntasan belajarnya pun meningkat sebesar 28,57%.
References
Agung, A. A. Gede. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.
-------. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Arnyana, Ida Bagus Putu. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Undiksha
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, Muslimin, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Kuntjojo. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif. Tersedia pada http://ebekuntwordpress.com /2009/07/31/untitled/.diakses pada tanggal 22 Desember 2009.
Nurkancana, Wayan. (2007). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Raga, Gede, dkk. (2006). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Singaraja: Undiksha.
Raga, Gede. (2008). Buku Ajar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.
Singaraja: Undiksha.Rusyan, Tabrani. (1989). Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung :Bina Budaya.
Sandiasih, Ni Luh. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa KelasVII A Semester II SMP Negeri 2 Selat Karangasem Bali Tahun Ajaran2007/2008. SkrIlmu Pengetahuan Sosiali (tidak diterbitkan). JurusanPendidikan ekonomi, Undiksha Singaraja.
Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tjandra, Made, dkk. (2005). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Singaraja. Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan IKIPN Siangaraja.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Prenada Media Group..
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)