Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15967Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 93 siswa. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang diambil dengan teknik group random sampling. Pengumpulan data sikap ilmiah menggunakan metode non tes dengan instrumen kuesioner, sedangkan hasil belajar IPA menggunakan metode tes dengan instrumen tes pilihan ganda dan pembobotan nilai LKS yang dianalisis dengan statistik deksriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Think Talk Write (TTW) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung= 26,678 > Ftabel = 4,08); 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Think Talk Write (TTW) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung= 33,116 > Ftabel=4,08); dan 3) terdapat perbedaan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Think Talk Write (TTW) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 24,285; p<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswaReferensi
Armini, Ni Putu Seni. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD”. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol: 5, No: 2. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10671 (diakses tanggal 29 November 2017).
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dian Ayu Dewayani. (2016). Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Hasil Belajar Pemecahan Soal Cerita Bilangan Bulat Matematika Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus Unesa. Vol 1 No.2.
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Dengan Bantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa Kelas Vii.A Smp Negeri 2 Rantau Panjang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol.4 No1
Huda. Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kemdikbud, 2016. “Mengenai TIMSS Bagaimana Pencapaian Indonesia?”. Tersedia pada: http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/TIMSS%20infographic.pdf (diakses tanggal 4 Desember 2017).
Mitasasrini, Ni Made. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD”. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol: 3, No: 1. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5629 (diakses tanggal 29 November 2017).
Putri Dewi Andriani, Siti Kamsiyati, Amir. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) untuk meningkatkan Kemampuan menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol.4 No.7.
Resi Irmayati, Ali Imron, Suparman Arif. 2015. Pengaruh Model Think Talk Write (Ttw) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah). Vol 3, No 5.
Riastini, Putu Nanci. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Undiksha
Setya Ratna Dianuri, St. Y. Slamet, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Ditinjau dari Minat Menulis pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol.4 No.7.
Shoimin. Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: PT Bumi Aksara.
Wardhany, Annisa Restu & Gufron Amirullah. 2017. “Perbedaan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write dan Think Pair Share”. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol: 2, No: 2, p-ISSN: 2477-3859, e-ISSN:2477-3581. Tersedia pada : http://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/52/22 (diakses tanggal 30 November 2017).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)