PENGARUH VCT BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701Kata Kunci:
VCT, media sederhana, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas implementasi Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana efektif pengaruhnya terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III, (2) perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas III. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian non equivalent post-test only control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III SD gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 143 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas III SD Negeri 2 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas III SD Negeri 2 Pemaron sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 23 siswa. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t-Brunning dan Anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III dengan hasil 4,19, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas III dengan Fhitung= 402,47 > Ftabel= 4,08. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III di Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.
Referensi
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter. 2012. Jakarta: Rajawali Pers.
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Hakim, dkk. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang: Madani.
Karwono, H. dan Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.
Mardenis. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Rangka Pengembangan Kepribadian Bangsa. Jakarta: Rajawali Pers.
Ni Putu Dessy Putriani. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbasis Masalah Sosial Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Di Gugus V Kecamatan Karangasem Tahun Pelajaran 2016/2017”. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 5. Nomor 2.
Permediknas Nomor 22 Tahun 2006. 2006. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Subana, M. dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suka Arsa, I Putu. 2015. Belajar dan Pembelajaran Strategi Belajar yang Menyenangkan. Yogyakarta: Media Akademi.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Prenadamedia Group
Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta Cv.
Tegeh, I Made. 2010. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wahyuni, Ayu Tri. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajae PKn Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Gianyar. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 2. Nomor 1.
Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)