Vol. 6 No. 3 (2023): November

					View Vol. 6 No. 3 (2023): November

The articles in this issue were authored/co-authored by 55 affiliated authors from 7 institutions in Indonesia.

Published: 2024-04-28

Articles

  • Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Komik Digital terhadap Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD

    Ni Gusti Agung Dewi Wahyuniari, I Made Ardana, I Made Gunamantha
    457-466
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66101
  • Efektivitas Model Geographical Inquiry Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa

    Helen Purnomo, Hadi Soekamto, Alfyananda Kurnia, Didik Taryana
    467-480
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.61779
  • E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Hasil Belajar IPS

    Indah Ayu Hapsari, Fitria Dwi Prasetyaningtyas
    481-493
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66104
  • Instrumen Pengukuran Persepsi Kepemilikan Kemampuan Multiliterasi Siswa Sekolah Dasar

    I Wayan Widiana, Ni Komang Widiani
    494-507
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.69756
  • Teknik Circle the Sage Meningkatkan Prestasi Membaca Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

    I Nyoman Laba Jayanta, I Nyoman Sudiana, Ida Bagus Putrayasa
    508-515
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.73096
  • Media AEILDS GeoApp Berbantuan Lectora Inspire untuk Kajian Bencana Tanah Longsor

    Navisa Dinni Auliya, Heni Masruroh, Sumarmi, Sugeng Utaya
    516-528
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.62424
  • Media Monopoli dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur'an Juz 30 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

    Aisyah Rachmawati Avivah, Ainun Nadlif
    529-539
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.69306
  • Preferensi Pendekatan Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar: Perspektif Mahasiswa Calon Guru

    I Gede Wahyu Suwela Antara, Ida Bagus Putrayasa, I Nyoman Sudiana
    540-547
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.72852
  • Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media WordWall dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrosfer

    Arivianti Qoirun Nisa, Hadi Soekamto
    548-557
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.67520
  • Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Sekolah Dasar

    Desti Rhomadiyah, Zulfadewina
    558-570
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64243
  • Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Bermuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

    Dewi Shopuro, Sri Sukasih
    571-581
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68462
  • Digital Literacy and Digital Technology in Post Covid-19 Era: Indonesian Educators’ Experiences and Opinions

    Ketut Bayu Catur Paramahita, I G A Lokita Purnamika Utami, Made Hery Santosa
    582-592
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.61089
  • Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEAM pada Tema Upaya Pelestarian Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

    Linda Novitasari, M. Ramli, Henry Praherdhiono
    593-603
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66203
  • Instrumen Tes HOTS Pada Tema Panas dan Perpindahannya Untuk Kelas V Sekolah Dasar

    Ni Putu Satya Sai Artini, Ni Ketut Suarni, I Made Candiasa
    604-613
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.63097
  • Model Pembelajaran Story Telling Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

    Ni Made Widiantari, Maria Goreti Rini Kristiantari
    614-623
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64760
  • Dampak Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa

    Paulus Pati Badin, I Wayan Suastra, I Made Candiasa
    624-635
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.67991
  • E-LKPD Berbasis Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

    Rizka De Aulia, Diki Rukmana
    636-650
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66459
  • Model Pembelajaran Make a Match Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

    Rusmin Nuryadin, Idawati, Hidayah
    651-661
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68244
  • Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Film

    Tazkiyatun Nafisah, Yamin
    662-670
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66045
  • Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Discovery learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fiksi

    Yulianingsih, Henny Dewi Koeswanti
    671-679
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64916
  • Efektivitas Buku Perubahan Konseptual dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

    I Gusti Ngurah Dwija Putra, I Wayan Subagia, Istri Agung Rai Sudiatmika
    580-589
    DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.74587