Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Rizka Maulidia Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Komang Sujendra Diputra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19333

Abstract

Permasalahan rendahnnya hasil belajar IPS yang diduga karena dalam proses pembelajaran cenderung masi berpusat pada guru. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran two stay two stray  berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus IV Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di gugus IV Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Sampel dalam penelitian ini sebanyak  2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol terdiri dari 40 orang. Pengumpulan data  dilakukan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan inferensial, dengan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai t (2,30) >t (2,12). Hala ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar ips antara kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan two stay two stray Berbantuan Media Video dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas V Gugus IV Desa CupelKecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci:hasil belajar ips, staytwo stray, media video

References

Agung. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung. (2016). statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Arlinda. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SDN 21 Sitorajo Kecamatan Kuantan Tengah. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 6 | Nomor 2 | Oktober 2017

Hamali, O. (2014). Kurikukulum dan Pembelajaran . Singaraja: PT Bumi Aksara.

Herawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran Di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015

Megayani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Bio Education, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2017, hlm. 27-34

Murda, & Yudiana. (2016). Pendidikan IPS SD. Singaraja: Deepuplis.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Perssindo.

Sumarni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Apresiasi dan Kreasi Peserta Didik. DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 2017.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Kharisma Putra Utam

Downloads

Published

2019-08-15

How to Cite

Maulidia, R., Suarni, N. K., & Diputra, I. K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19333

Issue

Section

Articles