Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar

Authors

  • Putu Ayu Windha Krismayoni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA siswa, mendorong perlunya menciptakan pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu caranya, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran CLIS berbantuan media LKS. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS berbantuan media LKS terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangannon equivalent post-test only control group. Populasi penelitian berjumlah 129 orang dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan instrumen kuesioner, kemudian dilakukanuji prasyarat analisis, serta analisis data menggunakan AnavaAB. Hasil penelitian ini: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model CLIS berbantuan media LKS, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model CLIS berbantuan media LKS dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa, 3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan model CLIS berbantuan media LKS dengan siswa yang dibelajarkan model konvensional pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi, 4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan modelCLIS berbantuan media LKS dengan siswa yang dibelajarkan model konvensional pada siswa yang memiliki minat belajar rendah. Dengan demikian penerapan model pembelajaran CLIS berbantuan media LKS oleh guru lebih inovatif dalam rancangan dan pelaksanaan sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu, model CLIS berbantuan media LKS sesuai untuk diterapkan, karena model ini dapat menambah minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan aktif, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan akan memengaruhi hasil belajar siswa.

Author Biographies

Putu Ayu Windha Krismayoni, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Ketut Suarni, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan Konseling

References

Adnyana, Gede Meta, dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembekajaran Kuantum Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas V Ditinjau dari Minat Outdoor” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. Vol. 9, No. 2.

Aminah, Siti & Mansur. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Energi dan Perubahannya” PRIMARY. Vol. 08, No. 02.

Anwar, Muzikka, dkk. 2017. “Penerapan Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 1, No. 4.

Ardiana, Nana, dkk. 2017. “Penerapan Pembelajaran CLIS pada Materi Sifat-sifat Cahaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V” Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2, No. 1.

Arisantiani, Ni Ketut, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA” Journal of Education Technology. Vol. 1, No. (2).

Damayanti, Ni Made Deny Novia, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Seririt” MimbarPGSD. Vol. 5, No. 2.

Diawati, Luh Putri, dkk. 2018. “Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa” Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 23, No. 2.

Gusniwati, Mira. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk” Jurnal Formatif. Vol. 5, No. 1.

Herman, Selvy Desiana dan Saefur Rochmat. 2018. “Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Di Kelas Xii IPS Man 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018” Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol. 5, No. 6.

Idris, Ahsari, dkk. 2018. “ Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo” Jurnal Pascasarjana. Vol. 2, No. 2.

Ismail, Ali. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Fluida” JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah. Vol. 1, No. 2.

Ismet, Maulana dan Suwandi Suwandi. 2019. “Keefektifan Media Powtoon Dalam Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Minat Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD” Indonesian Journal of Conservation. Vol. 8, No. 01.

Karina, Dewi Sindy dan Durinda Puspasari. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Question Card “Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Alat dan Bahan Kearsipan Pada Siswa Kelas X Apk 2 Smk” Adhikawacana Surabaya.

Kelompok Kerja Dosen IPA PGSD. 2018. Suplemen Belajar Pendidikan IPA. Singaraja: UNDIKSHA.

Kusumaningsih, Widya, dkk. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dan REACT Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP” Journal of Medives. Vol. 3, No. 2.

Ningrat, Sri Lestari Ayu. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Siswa Kelas V-B SDN Made I/475 Surabaya” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 4, No. 1.

Nurhasanah, Siti dan A Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 1.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Pratama, Indra. 2017. “Pengaruh Model CLIS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Krapyak Wetan Sewon Bantul DIY” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6, No. 4.

Ratnasari, Dewi, dkk. 2017. “Implementasi Pendekatan Konstruktivisme melalui Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Vol. 3, No. 1.

Retnosari, Gesty, dkk. 2015. “Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dab Perubahannya” Jurnal Pembelajan Fisika. Vol. 3, No. 3.

Rozikin, Slamet, dkk. 2018. “Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. Vol. 2, No. 1.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Sappaile, Baso Intang, dkk. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao” Journal of Medives. Vol. 2, No. 2

Sari, Norma, dkk. 2017. “Pengembangan LKS Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model CLIS (Children Learning In Science) di SMP 1 Muhammadiyah Banjarmasin” Vol. 5, No. 2.

Setiawan, Wawan Eka & Neri Egi Rusmana. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru IPA SD” Jurnal Pesona Dasar. Vol. 6, No. 2.

Supardi, U.S, dkk. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadapt Hasil Belajar Fisika” Jurnal Formatif. Vol. 2, No. 1.

Suryani, Novi Ade, dkk. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar antara Model Pembelajaram CLIS (Children Learning In Science) dengan Menggunakan Media KIT IPA di SMP Negeri 21” Jurnal of Science EducationI. Vol. 2, No. 1.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutaya, I Ketut. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery-Inquary Berbantuan LKS”. Jurnal Agama dan Budaya. Vol. 3, No. 2.

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)