Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19333Abstract
Permasalahan rendahnnya hasil belajar IPS yang diduga karena dalam proses pembelajaran cenderung masi berpusat pada guru. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus IV Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di gugus IV Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol terdiri dari 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan inferensial, dengan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai t (2,30) >t (2,12). Hala ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar ips antara kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan two stay two stray Berbantuan Media Video dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas V Gugus IV Desa CupelKecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018.Kata Kunci:hasil belajar ips, staytwo stray, media video
References
Agung. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung. (2016). statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Arlinda. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SDN 21 Sitorajo Kecamatan Kuantan Tengah. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 6 | Nomor 2 | Oktober 2017
Hamali, O. (2014). Kurikukulum dan Pembelajaran . Singaraja: PT Bumi Aksara.
Herawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran Di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015
Megayani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Bio Education, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2017, hlm. 27-34
Murda, & Yudiana. (2016). Pendidikan IPS SD. Singaraja: Deepuplis.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Perssindo.
Sumarni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Apresiasi dan Kreasi Peserta Didik. DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 2017.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Kharisma Putra Utam
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)