Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD

Authors

  • Ni Kadek Aryantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati Sekolah Dasar Negeri 1 Astina

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193

Keywords:

Discovery Learning, PPT, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran yang inovatif menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA. Oleh sebab itu diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar melalui penerapan model discovery learning berbatuan media power point. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar yang berjumlah 27 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen penelitian yakni berupa tes pilihan ganda dengan 4 option. Teknik analisis data yakni analisis deskriptif kuantitatif yaitu; mencari mean, median, modus, daya serap, dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas adalah model discovery learning berbantuan media power point dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar yang diperoleh dari hasil peningkatan hasil belajar pada kegiatan pra siklus menuju siklus I terlihat cukup signifikan dengan perolehan peningkatan pada nilai rata-rata siswa sebesar 8,28 dan ketuntasan belajar sebesar 18,52%.  Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I menuju siklus II terlihat signifikan karena perolehan peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 9,91 dan ketuntasan belajar sebesar 18,52%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh simpulan yakni terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning berbantuan media power point.

Author Biographies

Ni Kadek Aryantini, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati, Sekolah Dasar Negeri 1 Astina

SD Negeri 1 Astina

References

Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547.

Adnyana, I. G. A. D., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 174. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18160.

Alimuddin, H., Muchsin, S. B., & Kamaruddin, R. (2018). Pentingnya PTK Bagi Guru. Matappa, 1(2), 101–106. https://doi.org/DOI:10.31100/matappa.v1i2.231.

Ambarawati, N. L. M., & Ardana, I. K. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran (CIRC) Berbantuan Scramble Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Pgsd, Volume 8(1), 61–69. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24579.

Anggrayanthi, L. A., Suniasih, N. W., & Suara, I. M. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Ekosistem Siswa Kelas VA SD N 12 Padang Sambian. Mimbar PGSD, 4(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7461.

Astawa, P. A., & Tegeh, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Ilmiah Sekolah Dasar, 10(3), 223. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159.

Astuti, A. A. I. Y., Wibawa, I. M. C., & Suarjana, I. M. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning Toward Students ’ Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 573–580. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25667.

Bhoga, V. U. (2016). Kajian Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Oleh Guru-Guru Sd Di Kecamatan Jerebuu. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 42–50. https://www.researchgate.net/publication/339126014_Pentingnya_PTK_Bagi_Guru.

Dewi, A. T. Y. R., & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 8(1), 40–49. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577.

Dewi, N. S., Astawa, I. G., & Margunayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD, Volume 3(3), 416–427. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25458.

Fuad, A. J., & Permatasari, A. D. (2019). Penggunaan Media Slide Powerpoint dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 61–78. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.683.

Hadiyanti, W., & Widya. (2018). Analyzing The Values And Effects Of Power Point Presentations. LLT, 21(1), 87–95. https://doi.org/10.24071/llt.v21iSuppl.935.g985.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Pustaka Ilmu.

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo.

In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55–70. http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2017_1_4.pd.

Kanna, R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas 5 SD. Kalam Cendekia, 6(4), 1–8. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/11960/8532.

Kusrini. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 027–032. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i1.943.

Lubis, A. B., Miaz, Y., & Putri, I. E. (2019). Influence of the Guided Discovery Learning Model on Primary School Students’ Mathematical Problem-solving Skills. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 253. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.17984.

Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD. Basicedu, 3(2), 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7.

Nabila. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.

Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru: Antara Cita dan Fakta. Realita, 15(2), 1–11. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/view/480/309.

Nurdin, M. (2020). Artikel Media Pembelajaran Audiovisual berbasis Internet Artikel Media Pembelajaran Audio Visual. Media Pembelajaran, 1(May), 2. https://www.neliti.com/publications/271164.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Phalguna, I. W. W., & Putra, D. K. S. (2020). Talking Stick Learning Model Assisted with Audiovisual Media Toward Science Knowledge Competence. Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 563–572. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i4.25515.

Purawanti, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas VIII A SMP N 2 Bahorok Kabupaten Langkat. JPPP, 1(1), 113–121. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php.

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2018). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446.

Rianti, E., & Dibia, I. K. (2020). Pendekatan PAIKEM Berbantuan Brain Gym Berpengaruh terhadap Konsentrasi Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 225–237. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26479.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Saputra, H. G., & Zinnurrain. (2018). Pengaruh Penggunaan Meida MS Power Point Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 11–19. http://www.jurnalpedagogika.org.

Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 101–110. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2936.

Wahyuni, L. T. S., Japa, I. G. N., & Rati, N. W. (2020). Correlation of Reading Interests and Learning Motivation Toward Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 484. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.25376.

Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Aryantini, N. K., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 243–250. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193

Issue

Section

Articles