Korelasi Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Sikap Religius
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25649Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan sikap religius. Dalam penelitian ini, Terdapat tiga jenis pola asuh yang akan diteliti, yaitu pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V pada SD Gugus VI Widyastawa Kecamatan Gerokgak dengan jumlah sampel sebanyak 132 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data pola asuh orang tua dan sikap religius siswa diperoleh melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua tipe demokratis dengan sikap religius Siswa Kelas V SD Gugus VI Widyastawa Kecamatan Gerokgak, yang dibuktikan dengan rxy hitung (0.99) > rtabel (0.143) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dengan kategori hubungan sangat kuat dengan kontribusi sebesar 98%, (2) terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua tipe permisif dengan sikap religius, dibuktikan dengan rxy hitung (0.58) > rtabel (0.143) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dengan kategori hubungan cukup dengan kontribusi sebesar 34%, dan (3) terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua tipe otoriter dengan sikap religius yang dibuktikan dengan rxy hitung (0.79) > rtabel (0.143) bermakna terdapat hubungan signifikan dengan kategori hubungan kuat dengan kontribusi sebesar 62%. Jadi, pola asuh orang tua yang paling dominan adalah pola asuh orang tua tipe demokratis. Hasil penelitian memberikan simpulan yaitu terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan sikap religius Siswa Kelas V SD Gugus VI Widyastawa Kecamatan Gerokgak. Saran dalam penelitian ini, hendaknya dalam kegiatan pembelajaran guru selalu memupuk sikap religius dengan cara tetap mengawali kegiatan dengan berdoa yang baik sehingga terjadi pembiasaan pada anak untuk menunjukaan sikap religius yang baikReferensi
Agung, A.A.G. 2014. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Anggraini, dkk., (2017). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Vol. 1, No.1 (hlm. 13). Tersedia pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia/article/viewFile/3978/2212. Diakses, 19 Oktober 2019.
Asri, Sri. 2018. “Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 1 (hlm. 1-9). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/13793. Diakses, 23 Januari 2020.
Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Darmadi, Hamid. 2019. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Jakarta: An1mage Team.
Fellasari dan Lestari. 2016.”Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kematangan Emosi Remaja”. Jurnal Psikologi. Vol. 12, No. 2 (hlm. 85). Tersedia pada: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3234. Diakses, 20 Oktober 2019.
Gading, K., dkk. 2018.”Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran”. Singaraja: Undiksha Press.
Karnangsyah. (2017). “Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling”. Jurnal EDUCATIO. Vol. 3, No.1 (hlm.1-9). Tersedia pada: http://www.jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/65/56. Diakses, 23 Januari 2020.
Koyan, W. 2012. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kurniawan, Syamsul. (2013). “Pendidikan Karakter (Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat”. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Netra, B. I. 1974. Statistik Inferensial. Surabaya: Usaha Nasional.
Rasyid, Harun, dkk.2007. Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima..
Risthantri dan Sudrajat. (2015). “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Ketaatan Beribadah dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 2, No.2 (hlm.192). Tersedia pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/7670. Diakses, 23 Januari 2020.
Sari dan Renggani. 2018. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas III SD”. Joyful Jurnal Learning. Vol. 7, No. 4 (hlm. 58). Tersedia pada: file:///C:/Users/ACER/Downloads/23984-Article%20Text-69375-1-10-20190501(1).pdf. Diakses, 18 Oktober 2019.
Setyawan, Budi. 2017. Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Jakarta: Zifatama Jawara.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunarty, Kustiah. 2016. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandiriaan Anak”. Jurnal Of Educational Science and Technology. Vol. 2, No. 3 (hlm. 152-160). Tersedia pada: https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/3214/1826. Diakses, 23 Januari 2020.
Susetyo. 2012. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.
Tridhonanto, Al. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokrtis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berkpribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yauarti, Eka. 2018. “Pengaruh Sikap Religiusitas terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Masyarakat Kabupaten Rejang Lebong”. Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan. Vol. 3, No.1 (hlm.12-15). Tersedia pada: http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JF/article/view/387. Diakses, 18 Oktober 2019.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)