Tinjauan Hasil Belajar dalam Jaring pada Mata Pelajaran Biologi di Beberapa SMA di Pesisir Selatan

Authors

  • Miftahur Rahma Universitas Negeri Padang
  • Ristiono Ristiono Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35721

Keywords:

Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran biologi siswa SMA masih rendah. Hal ini disebabkan baik dari sarana prasarana, metode, maupun model pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran daring. Sehingga perlu dilakukan tinjauan hasil belajar peserta didik, untuk melihat hasil belajar selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil belajar biologi peserta didik yang pembelajarannya dilakukan dalam jaringan di daerah pesisir selatan pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu berupa hasil belajar yang terkait dengan hasil belajar biologi peserta didik untuk Kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data (Data Display), Menarik Kesimpulan dan Verifikasi (Conclusion Drawing and Verification). Sampel penelitian berjumlah 839 orang peserta didik yang terdiri dari 6 SMA Kelas XI. Hasil yang didapatkan dari penelitian diperoleh 94,4% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di sekolah pertama, 42,36% peserta didik yang mencapai KKM di sekolah kedua, 47,16% peserta didik yang mencapai KKM di sekolah ketiga, 5,26% peserta didik yang mencapai KKM di sekolah keempat,  97,05% yang mencapai KKM di sekolah kelima, dan sekolah keenam dengan 6,81% peserta didik yang mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa banyak peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah dan sedikit dari peserta didik yang hasil belajarnya tidak begitu berbeda atau berubah dari pembelajaran tatap muka.

Author Biography

Miftahur Rahma, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Biologi

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53. http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369 DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Astuti, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Berbasis Quipper School. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 334. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3635 DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3635

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011

Chen, C. W. S., Lee, S., Dong, M. C., & Taniguchi, M. (2021). What factors drive the satisfaction of citizens with governments’ responses to COVID-19? International Journal of Infectious Diseases, 102, 327–331. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.10.050 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.10.050

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Handayanti, T. C., Prasetyo, A. P. B., & Widianingrum, P. (2020). Tingkat Kepuasan Dan Hasil Belajar Biologi Dalam Penerapan Media Interaktif Quipper School. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/bioma.v9i1.6030 DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v9i1.6030

Hariyadi, S. (2021). Meningkatkan Interaksi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Google Classroom Untuk Kelas Daring Biologi Di SMA. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1), 50. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.845 DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.845

Irwandi, I., & Lusilawati, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Biologi. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2). https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519 DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519

Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., & Kusumahwardani, D. (2021). Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765

Latifah, A., & Prastowo, A. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Model Website Dan M-Learning Melalui Youtube Pada Mata Pelajaran Pai Kelas 2 Sd/Mi. Jurnal Limas PGMI, 1(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/limaspgmi/article/view/7304 DOI: https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v1i01.7304

Marini, M., Sulisworo, D., & Ishafit, I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbantukan Media Aplikasi Quipper School terhadap Minat, Kemandirian, dan Hasil Belajar pada Materi Gelombang Mekanik Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cawas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 81–88. https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i2.1625 DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i2.1625

Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X Ipa Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22 DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model stad dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2504

Murti, A. H. D., Arsal, A. F., & Muis, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Aspek Motivasi Belajar dan Kondisi Kesehatan Fisik Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 06 Makassar. Jurnal Biology Teaching and Learning, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.35580/btl.v4i1.21591 DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v4i1.21591

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669 DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Instruction ) Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188–197. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708 Inovasi DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254 DOI: https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Saraswati, L. C., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Lintas Minat Biologi Pada Siswa Kelas X Bahasa Semester Genap Di Sma Negeri 1 Sawan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati), 7(3), 1–13. http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v7i3.16079 DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i3.16079

Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal Of Biology Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278 DOI: https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi I Ketut Surata I Made Sudiana I Gede Sudirgayasa. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079

Tamara, J., Sugiatno, S., Yanuarti, E., Warsah, I., & Wanto, D. (2020). Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. At-Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 351–373. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i2.3372

Thahir, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Rahmatia Thahir. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1936–1944. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1123 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1123

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. ttps://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11410

Yustina, Y., Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Downloads

Published

2021-08-19

How to Cite

Rahma, M., & Ristiono, R. (2021). Tinjauan Hasil Belajar dalam Jaring pada Mata Pelajaran Biologi di Beberapa SMA di Pesisir Selatan. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 224–229. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35721

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.