Hubungan Minat Belajar dan Perilaku Empati Terhadap Hasil Belajar PKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.28987Abstract
Penelitian ini didasari atas banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas belajar yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan yang signifikan secara simultan antara minat belajar dan perilaku empati terhadap hasil belajar PKn siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 132 siswa dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 120 siswa. Berdasarkan hasil analisis pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar PKn dengan rx1y = 0,526 dan hasil kontribusi sebesar 27,6%, terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku empati dan hasil belajar PKn dengan rx2y = 0,539 dan hasil kontribusi sebesar 29%, serta secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan perilaku empati terdapat hasil belajar PKn dengan rx1x2y = 0,601 dan hasil kontribusi sebesar 36,1%. Berdasarkan kesimpulan yang didapat, dapat diketahui bahwa faktor minat belajar dan perilaku empati dapat dijadikan indikator tolak ukur keberhasilan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Amalina, R. N. (2018). Korelasi Antara Efektifitas Kegiatan Amal Bakti Santri (Abas) Dengan Empati Siswa Kelas Viii Puteri Smp Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta Boarding School. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 265–278. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.142-05
Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530
Asri, D. N., & Anggriana, T. M. (2012). Efektivitas Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Empati Remaja Di Rumah Pintar “Bunga Padi” Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). http://doi.org/10.25273/counsellia.v2i2.225
Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23573
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Cahyani, N. (2019a). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi, 6(2), 259. https://doi.org/10.14421/ijds.060204
Cahyani, N. (2019b). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi, 6(2), 259. https://doi.org/10.14421/ijds.060204
Dewi, A. C. (2019). Pengaruh Model Cooperatif Script Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 66. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20807
Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi Dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43–48. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.253
Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP Ferennita Harianti Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung Pendahuluan Menurut Undang-Undang Nomor 20. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91.
Jatmiko, J. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Modul(Tps-M) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 417–426. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.511
Lestari, N. M., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu – Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN. Journal of Education Technology, 1(3), 163–168. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12500
Lindayani, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clrification Technique Bermuatan Nilai Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 47. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20709
Masrita, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera BaratMeningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Make A Match di SDN 15 B. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 179. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526
Mediatati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 100. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10073
Meyanasari, S., & Widiyanto, W. (2017). Pengaruh Minat Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips Man 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16448
Parera, H. R., & Suyanto. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 165–177. https://doi.org/10.16128/j.cnki.1005-3611.2018.01.044
Qusyairi, L. A. H., & Sakila, J. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 34–49. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57
Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 66–69. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1288
Roslina, H. (2013). Kontribusi Pembelajaran Pkn Terhadap Sikap Empati Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Pangandaran).
Sanistyasari, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Metode Karyaswasta Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874
Sanjaya, B., Wati, M., & An’nur, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share(TPS). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 278–289. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i3.887
Selviana, S. (2020). Empati dan penggunaan situs jejaring sosial sebagai faktor dalam membentuk moral remaja. Jurnal Psikologi Ulayat, 3(2), 143–157. https://doi.org/10.24854/jpu22016-68
Sumardjoko, B., & Musyiam, M. (2018). Model of civic education learning based on the local wisdom for revitalizing values of pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037
Suratno. (2013). Pengaruh Penerapan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Minat Siswa Di SMA N 10 Batanghari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 111–122. https://doi.org/10.15294/dp.v8i2.3367
Waluya, E. B., Hakim, L., & Sakti, N. C. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Insert Ekonomi Syariah dengan Intervening Kecerdasan Spiritual Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Kota Malang. Jurnal Penelitian, 13(2). http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i2.6001
Widiarti, P. W. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Empati Pada Anak-Anak Usia Sd. Informasi, 39(2), 83–91. https://doi.org/10.21831/informasi.v0i2.4446
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743
Wiyasa, I. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15407
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)