Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

  • Evi Afriyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35188

Keywords:

kebiasaan belajar, hasil belajar, IPA

Abstract

Pelaksanaan kegiatan belajar daring, siswa sering menunjukkan adanya kebiasaan belajar yang  belum efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto tipe korelasional dengan sampel sebanyak 159 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode kuesioner untuk memperoleh kebiasaan belajar dan metode dokumentasi memperoleh hasil belajar IPA. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis deskriptif dilakukan dengan mendeskripsikan frekuensi dari skor angket kebiasaan belajar dan hasi IPA belajar. Sedangkan analisis inferensial digunakan dalam uji asumsi dan uji hipotesis. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana yakni membandingkan rhitung dengan rtabel. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV yang dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment dengan taraf signifikansi 0.05 (rhitung = 0.250 > rtabel 0.159). Hubungan antara variabel kebiasaan belajar dengan hasil belajar tergolong sedang, dan besarnya hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa yaitu sebesar 97,5% dan 2,5% ditentukan oleh faktor lain di luar penelitian. Jadi kebiasaan belajar siswa akan meberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Author Biographies

Evi Afriyanti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ndara Tanggu Renda, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Afriyanti, E., Japa, I. G. N., & Renda, N. T. (2021). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa. 04(02). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35188.

Agustiningtyas, P., & Surjanti, J. (2021). Peranan Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar di Masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 794–805. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/454.

Annisa, D. S., & Fitria, Y. (2020). Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies., 4(2), 498–508. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3211.

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859.

Bongale, P., Tandon, C., & M, A. T. (2021). Effect of the P andemic on Students ’ Learning Habits in. Preprints, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.20944/preprints202104.0725.v1.

Deviana, N. L. N., Wiarta, I. W., & Wiyasa, K. N. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Bahan Manipulatif Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal of Education Technology, 1(2), 133. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11775.

Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24578.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451.

Engkus. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Governansi, 5(2), 99–109. https://doi.org/10.30997/jgs.v5i2.1956.

Fitri. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kecamatan Sabbangparu. UJES, 1(3), 98–103. https://doi.org/https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.73.

Gunawan, I. M. ., Murda, I. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar PKn. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 189–200. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22232.

Hardani, Andriani, H., & Ustiawaty, J. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue March). Pustaka Ilmu.

Heryanto, & Serimbing, Y. S. B. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Curere, 4(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jc.v4i2.384.

Iswandari, N., Setiawan, B., Ulya, C., & Maret, U. S. (2018). Hubungan Anatara Penguasaan Kalimat Efektif dan Kebiasaan Membaca Siswa SMP VIII. Basastra, 6(2), 120–128. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/basastra.v6i2.37692.

Okesina, F. A. (2019). Causes of Poor Study Habits of Students as Expressed by Primary School Teachers in Nigeria. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 1. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i1.16413.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3398.g2390.

Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto, B. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2), 17–28. https://doi.org/10.17977/um017v21i22016p017.

Sabbah, S. S. (2016). The Effect of Study Habits on English Language Achievement. Arab World English Journal, 7(4), 238–257. https://doi.org/10.24093/awej/vol7no4.16.

Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074. https://doi.org/123099/index.php/TWD.

Setyawan, R., & Wibowo, S. (2019). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas Viii Di Smp Negeri I Kemang Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 24. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1730.

Sugiyono. (2009). Motode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Verawati, R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 351–363. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25518.

Widiantari, N. L., & Suarjana, I. M. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMP Swastyastu Tolai. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(2), 85–94. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i2.4196.

Wuryani, W., Mulyoto, M., & Sunarto. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Teacher in Educational Research, 1(1), 27–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33292/ter.v1i1.7.

Yantoro, D., & Universitas, F. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd No 135 / Vii Pasar Singkut Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Inovasi Sekolah Dasar, 4(2), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8343.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Afriyanti, E., Japa, I. G. N., & Renda, N. T. (2021). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 338–343. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35188

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)