Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pengetahuan IPS Ditinjau dari Disiplin Belajar

Penulis

  • Ni Luh Wayan Nopa Suartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36045

Kata Kunci:

Disiplin belajar, Kompetensi Pengetahuan IPS

Abstrak

Kesulitan guru dan orangtua dalam membentuk disiplin belajar anak dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar khususnya pada kompetensi pengetahuan IPS siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara disiplin belajar belajar dengan kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Metode yang digunakan adalah metode tes dan non tes berupa kuesioner tentang disiplin belajar dan kuesioner kompetensi pengetahuan IPS. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa yang memiliki jumlah sebanyak 42 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling total, dikarenakan jumlah populasi sedikit yaitu kurang dari 100. Variabel bebas dari penelitian ini adalah disiplin belajar sedangkan variabel terikat adalah kompetensi pengetahuan IPS. Data penelitian ini dikomputasi analisis statistik deskriptif dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa dengan perhitungan skor sebesar 3,53 pada taraf signifikansi 5% dengan kategori korelasi tinggi. Jadi dapat disimpulkan, terdapat arah korelasi positif yang menunjukkan semakin tinggi disiplin belajar semakin meningkat penguasan kompetensi pengetahuan IPS.

Biografi Penulis

Ni Luh Wayan Nopa Suartini, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Ketut Suarni, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan Konseling

Referensi

Akmaluddin, & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar ( SD ) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar ( Studi Kasus ). Jurnal Education, 5(2), 1–12. file:///C:/Users/7/Downloads/467-554-1-SM.pdf.

Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10.

Anggraini, Hartuti, P., & Sholihah, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.10-18.

Angraini, L. M. (2018). Pengaruh Concept Attainment Model Terhadap Disposisi Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 284. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1473.

Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Mimbar PGSD, 5(2).

Aslianda, Z., Israwati, & Nurhaidah. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Azizah, A. A. M. (2021). Analisis Pembelajaran IPS di SD / MI dalam Kurikulum 2013. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266.

Dewi, I. A. P. Y. P., Yudana, I. M., & Sanjaya, D. B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Sosial dalam Mata Pelajaran PPKn PADA Siswa Kelas VIIIB di Smp Negeri 5 Singaraja. Jurnal Media Komunikasi, 2, 218–226. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/article/download/150/106/.

Diatmika, I. G. N., Sujana, I. W., & Putra, M. (2017). Korelasi Antara Disiplin Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12499.

Erika, D., Sumardi, & Rosarina. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 140–152.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Oktaviastuti Awalia Fajrin PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pese. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353.

Fanny, A. M. (2018). Paradigma Kreativitas Pembuatan Multimedia Pembelajaran IPS Di SD. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 13(23), 1–9. https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no23.a1582.

Gultom, L., & Siahaan, M. F. (2016). Penerapan Reward dan Konsekuensi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Polyglot: Journal of Language, Literature, Cullture, and Education, 12(2), 100–101. https://doi.org/https://doi.org/10.19166/pji.v12i2.368.

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v3i2.198.

Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449.

Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273.

Khafid, M. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 185–204.

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Undiksha Press.

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal V, XIV(1), 54–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67.

Manazila, A. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar PKn Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(1), 61–70.

Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton-Kencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p158.

Nurtia, W., Ramayani, C., & Sumarni. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Fasilitas Belajar Di Sekolah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp N 4 Sutera. Journal of Economic and Economic Education, 5(2), 209–216. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v5.i2.414.

Parbawa, I. G. N. M. A., & Sujana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus Srikandi Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 69. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13896.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330.

Pucangan, K. Y. J., Suarni, N. K., & Arini, N. W. (2017). Hubungan antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar SD kelas II. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11007.

Rahman, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Attaqwa Kabupaten Bekasi. Jurnal Kreatif Online, 5(4), 68–75. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.6.01.68-75.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071.

Romaliyana, R. Y., Putra, M., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 22–30. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22235.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017a). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233–241.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017b). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas ( Improving Students ’ Learning Discipline through Classroom Management ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2).

Sari, R. I. P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), II(1), 26–32.

Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(September), 35–44.

Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf.

Widnyana, I. G., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21 : Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dikuasai siswa dalam menghadapi abad 21 hanyalah kemampuan terhadap teknologi dan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 186–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868.

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.

Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19987.

Diterbitkan

2021-08-07

Cara Mengutip

Suartini, N. L. W. N., & Suarni, N. K. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pengetahuan IPS Ditinjau dari Disiplin Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 331–337. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36045

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama