Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA

Authors

  • Nyoman Dewi Astiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi
  • I Made Suarjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Keywords:

Hasil Belajar, IPA

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar IPA siswa dan tidak sesuai dengan nilai kriterium ketuntasan minimum (KKM) serta kurangnya perhatian langsung dari guru ke siswa karena situasi di masa pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan faktor yang memengaruhi hasil belajar IPA siswa fokus pada gaya belajar siswa (visual, auditorial, kinestetik) dan pemanfaatan media belajar oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner/angket pada variabel gaya belajar dan pemanfaatan media belajar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 156 siswa dan  jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 132 siswa di kelas VI SD Gugus VI Kecamatan Gerokgak. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan taraf signifikansi 5% = 0,171 diperoleh hasil analisis yaitu terdapat hubungan yang signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar IPA dengan rx1y = 0,364 (13,3%), terdapat hubungan yang signifikan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar IPA dengan rx2y = 0,467 (21,9%), terdapat hubungan yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar IPA dengan rx3y = 0,458 (21%), terdapat hubungan yang signifikan pemanfaatan media belajar terhadap hasil belajar IPA dengan rx4y = 0,249 (6,2%), terdapat hubungan yang signifikan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dan pemanfaatan media belajar terhadap hasil belajar IPA dengan rx1,2,3,4y = 0,626 (37,3%). Ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya hasil belajar IPA yang diperoleh siswa dapat dipengaruhi oleh faktor gaya belajar dan faktor pemanfaatan media belajar.

Author Biographies

Nyoman Dewi Astiti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Luh Putu Putrini Mahadewi

Teknologi Pendidikan

I Made Suarjana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Amin, A., & Suardiman, S. P. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7688.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2), 128164. https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307.

Chen, C. M., & Sun, Y. C. (2012). Assessing the Effects of Different Multimedia Materials on Emotions and Learning Performance for Visual and Verbal Style Learners. Computers and Education, 59(4), 1273–1285. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.05.006.

Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2016). Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan, 1(2), 486–491. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6177.

Dedi, R., Hendrayana, A. S., Erisyani, E., & Setiana, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 Pgsd Masukan Sarjana Di Upbjj Ut Bandung. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 163. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5139.

Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An Ethnoscience Study in Chemistry Learning to Develop Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279–287. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19261.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Issue March).

Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173.

Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. KOMPOSISI: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 63–72. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098.

Hanifah, L. N., & Mulyaningrum, E. R. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar pada Materi Protista di SMA Negeri 1 Godong. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1): 113-129. https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7970.

Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing Learning Media Using Online Prezi into Materials about Optical Equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102.

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077.

Huang, T. C. (2019). Do Different Learning Styles Make a Difference when It Comes to Creativity? An Empirical Study. Computers in Human Behavior, 100, 252–257. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.10.003.

Khamparia, A., & Pandey, B. (2018). Effects of Visual Map Embedded Approach on Students Learning Performance Using Briggs–Myers Learning Style in Word Puzzle Gaming Course. Computers and Electrical Engineering, 66, 531–540. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2017.12.041.

Kidd, E., Arciuli, J., Christiansen, M. H., Isbilen, E. S., Revius, K., & Smithson, M. (2020). Measuring Children’s Auditory Statistical Learning via Serial Recall. Journal of Experimental Child Psychology, 200, 104964. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2020.104964.

Mabuchi, Y., Aoki, Y., Shibasaki, M., & Nakata, H. (2020). The relationship Between Cognitive Style and Sensory Gating During Auditory and Somatosensory Tasks. Neuroscience Letters, 738(March), 135354. https://doi.org/10.1016/j.neulet.2020.135354.

Mahayanti, A. A. I., Putra, D. K. N. S., & Ganing, N. N. (2018). Siswa Kelas IV SD Gugus Ubud Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2017/2018. 1(1), 11–20. Journal For Lesson And Learning Studies. http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14619.g8940.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Meylinda, F., Yuwana, S., & Sukartiningsih, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Program Adobe Flash untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p256-264.

Novitawati, & Elyanoor, H. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Energi Panas dan Bunyi Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Make A Match dengan Menggunakan Media Audioviual pada Siswa Kelas IV SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 10(2), 59–65. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17511.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Okur, M., & Bahar, H. H. (2010). Learning Styles of Primary Education Prospective Mathematics Teachers; States of Trait-Anxiety and Academic Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3632–3637. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.565.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 146–167. https://www.neliti.com/libraries.

Prabanitha, M. I., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 25(2), 51. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25650.

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524.

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual , Auditorial , dan Kinestetik terhadap. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/486.

Raresik, K. A., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sd Gugus VI. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7454.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391.

Ristiani Sabat, D., Malaikosa, Y. L., & Sabat, R. (2018). Efektivitas Media Audio-Visual Berbasis Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 504–512. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10810.

Sumilat, J. M. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 2 Tataaran. Inventa, 2(1), 40–46. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1624.

Sun, L., Ruokamo, H., Siklander, P., Li, B., & Devlin, K. (2021). Primary School Students’ Perceptions of Scaffolding in Digital Game-Based Learning in Mathematics. Learning, Culture and Social Interaction, 28(January 2020), 100457. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2020.100457.

Sutriani, E., Syahrilfuddin, S., & Noviana, E. (2018). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 984. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6541.

Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8–16. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/bionature.v16i1.1563.

Tesi Muskania, R., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830.

Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4622.

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.