PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERMUATAN MULTIMEDIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KABUPATEN NGADA

Penulis

  • Maria Angelina Seso STKIP Citra Bakti
  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti
  • Konstatinus Dua STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16546

Kata Kunci:

bahan ajar elektronik, multimedia, tematik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema indahnya kebersamaan yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Ngada. Subjek dalam penelitian ini adalah kurikulum 2013 dan siswa SD kelas IV di Kabupaten Ngada sedangkan objek penelitian adalah konten dan konteks kearifan lokal masyarakat Ngada yang relevan diintegrasikan dalam tema indahnya kebersamaan kelas IV untuk dijadikan sebuah bahan ajar elektronik bermuatan multimedia. Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia berdasarkan uji coba ahli dan siswa sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Uji coba pada ahli desain, ada pada kategori sangat baik. (2) Uji ahli multimedia menunjukkan kategori baik. (3) Uji coba ahli konten menunjukkan kategori baik. (4) Uji coba pada siswa menunjukkan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik yang dikembangkan  layak digunakan pada siswa kelas IV.

Referensi

Abdillah, A.N. (2010). Konsep bahan ajar elektronik dan ciri / karakteristik bahan ajar elekronik. Diterima melalui https://sites.google.com>elearningtp2010.

Dasna, I.W., Laksana, D.N.L., & Sudatha I.G.W. (2015). Desain dan model pembelajaran inovatif dan interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2003). Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Laksana, D.N.L., & Seso, M.A. (2018). Desain pembelajaran kontekstual spirit meda mazi di SD kelas rendah. Journal of Education Technology, 2(1), 1-5.

Laksana, D.N.L., & Widiastika, I.G. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal masyarakat Flores. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 150-160.

Laksana, D.N.L., Kurniawan, P.A.W., & Niftalya, I. (2016). Pengembangan bahan ajar tematik SD kelas IV berbasis kearifan lokal masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1-10.

Laksana, D.N.L., & Wawe, F. (2015). Penggunaan media berbasis budaya lokal dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 27-37.

Oka, G.P.A. (2017). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis component display theory (CDT) pada mata kuliah multimedia jurusan teknologi pendidikan FIP UNDIKSHA. Jurnal IMEDTECH, 1(1), 46-58.

Prayogo, D.P. (2015). Pengembangan multimedia interaktif tematik untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Yogyakarta.

Riwu, I.U., Laksana, D.N.L., & Dhiu, K.D. (2018). Pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa SD Kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56-64.

Rosida, F.N., & Jamlo, T. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1).

Diterbitkan

2019-08-21

Cara Mengutip

Seso, M. A., Laksana, D. N. L., & Dua, K. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERMUATAN MULTIMEDIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KABUPATEN NGADA. Journal of Education Technology, 2(4), 177–185. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16546

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama