Hubungan Minat Belajar dan Perilaku Empati Terhadap Hasil Belajar PKN

Penulis

  • Putu Ria Irdianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.28987

Abstrak

Penelitian ini didasari atas banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas belajar yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan yang signifikan secara simultan antara minat belajar dan perilaku empati terhadap hasil belajar PKn siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 132 siswa dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 120 siswa. Berdasarkan hasil analisis pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar PKn dengan rx1y = 0,526 dan hasil kontribusi sebesar 27,6%, terdapat hubungan yang  signifikan antara perilaku empati dan hasil belajar PKn dengan rx2y = 0,539 dan hasil kontribusi sebesar 29%, serta secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan perilaku empati terdapat hasil belajar PKn dengan rx1x2y = 0,601 dan hasil kontribusi sebesar 36,1%. Berdasarkan kesimpulan yang didapat, dapat diketahui bahwa faktor minat belajar dan perilaku empati dapat dijadikan indikator tolak ukur keberhasilan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn.

Biografi Penulis

Putu Ria Irdianti, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Luh Putu Putrini Mahadewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Teknologi Pendidikan

I Wayan Widiana, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Amalina, R. N. (2018). Korelasi Antara Efektifitas Kegiatan Amal Bakti Santri (Abas) Dengan Empati Siswa Kelas Viii Puteri Smp Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta Boarding School. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 265–278. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.142-05

Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530

Asri, D. N., & Anggriana, T. M. (2012). Efektivitas Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Empati Remaja Di Rumah Pintar “Bunga Padi” Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). http://doi.org/10.25273/counsellia.v2i2.225

Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23573

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Cahyani, N. (2019a). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi, 6(2), 259. https://doi.org/10.14421/ijds.060204

Cahyani, N. (2019b). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi, 6(2), 259. https://doi.org/10.14421/ijds.060204

Dewi, A. C. (2019). Pengaruh Model Cooperatif Script Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 66. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20807

Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi Dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43–48. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.253

Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP Ferennita Harianti Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung Pendahuluan Menurut Undang-Undang Nomor 20. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91.

Jatmiko, J. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Modul(Tps-M) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 417–426. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.511

Lestari, N. M., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu – Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN. Journal of Education Technology, 1(3), 163–168. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12500

Lindayani, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clrification Technique Bermuatan Nilai Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 47. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20709

Masrita, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera BaratMeningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Make A Match di SDN 15 B. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 179. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526

Mediatati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 100. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10073

Meyanasari, S., & Widiyanto, W. (2017). Pengaruh Minat Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips Man 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16448

Parera, H. R., & Suyanto. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 165–177. https://doi.org/10.16128/j.cnki.1005-3611.2018.01.044

Qusyairi, L. A. H., & Sakila, J. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 34–49. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57

Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 66–69. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1288

Roslina, H. (2013). Kontribusi Pembelajaran Pkn Terhadap Sikap Empati Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Pangandaran).

Sanistyasari, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Metode Karyaswasta Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874

Sanjaya, B., Wati, M., & An’nur, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share(TPS). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 278–289. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i3.887

Selviana, S. (2020). Empati dan penggunaan situs jejaring sosial sebagai faktor dalam membentuk moral remaja. Jurnal Psikologi Ulayat, 3(2), 143–157. https://doi.org/10.24854/jpu22016-68

Sumardjoko, B., & Musyiam, M. (2018). Model of civic education learning based on the local wisdom for revitalizing values of pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037

Suratno. (2013). Pengaruh Penerapan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Minat Siswa Di SMA N 10 Batanghari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 111–122. https://doi.org/10.15294/dp.v8i2.3367

Waluya, E. B., Hakim, L., & Sakti, N. C. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Insert Ekonomi Syariah dengan Intervening Kecerdasan Spiritual Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Kota Malang. Jurnal Penelitian, 13(2). http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i2.6001

Widiarti, P. W. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Empati Pada Anak-Anak Usia Sd. Informasi, 39(2), 83–91. https://doi.org/10.21831/informasi.v0i2.4446

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743

Wiyasa, I. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15407

Diterbitkan

2020-10-21

Cara Mengutip

Irdianti, P. R., Mahadewi, L. P. P., & Widiana, I. W. (2020). Hubungan Minat Belajar dan Perilaku Empati Terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 459–472. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.28987

Terbitan

Bagian

Articles