Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19325Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran pecahan sederhana di kelas III SD, (2) Kemampuan siswa menyelesaikan soal pecahan sederhana, (3) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana dan solusi untuk mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Gugus VII kecamatan Sukasada yang berjumlah 134 orang dan guru kelas III. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik proposional sampel dapat dilihat pada tabel Isaac and Michel. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang siswa. Objek penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran pecahan sederhana kelas III SD, (2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana, (3) kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana dan solusi mengatasi kesulitan tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata hasil tes secara klasikal 64,07 dengan kategori rendah. (2) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana yaitu membandingkan pecahan sederhana, memahami soal cerita. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah sering memberikan latihan soal, menggunakan bahasa Indonesia dalam pembelajaran, memberikan banyak variasi soal dan perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran. (3) Faktor penyebab kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas III secara umum meliputi minat dan motivasi, faktor guru, faktor lingkungan.
Kata Kunci: kemampuan,matematika,pecahan sederhana.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Andika, I Gede Agus Ari. 2017.” Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas IV”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume: 5 Nomor: 2.
Budiasih, Luh. 2017 “ Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume: 5 Nomor: 2.
Dantes, Nyoman. 2012.Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Depdiknas, 2003. Undang-undang No. 20 Tahun tentang sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Japa, I Gusti Ngurah dan I Made Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Rudhiyama, Gd. 2016. “ Pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.
Sanjaya, H. Wina, 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Septiani, Nyoman Dewi. 2016. “Penerapan Pemberian Sugesti Positif dengan Model Savi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.
Shoimin, A.2014. 68 Model Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.
Suaryani, Ni Wyn. 2016. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD.Jakarta:Prenadamedia Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)