Pengaruh Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbasis Penilaian PortofolioTerhadap Hasil Belajar PKn

Authors

  • Kadek Mita Yuniari Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Jurusan BK, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis penilaian portofolio dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen), dengan desain Non Equivalent post test only control grup desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Sawan.  Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Sekumpul dan siswa kelas IV SD N 2 Lemukih. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis penilaian portofolio dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Sawan. Hal ini ditunjukkan oleh thitung = (5,679)    ttabel =(2,028). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (21,40) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (16,8). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis penilaian portofolio memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Adnyana, I. G. O. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Krisna Dewi, N. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD.

Lestari, N. M. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu- Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn, 1, 163–168.

Murdiono, M. (2012). Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Monawati (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016, hal 12-21 ISSN: 2337-9227

Ramlah (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xii Sman 9 Pekanbaru . Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 1 Juli 2017

Rosidah ,Ani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips . Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017

Sugianti, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masaah Berbantuan Assesment Portopolio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD,5(2).Retrievedfromhttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD /article/view/10925/7001

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tri ,Budi (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta . Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Februari 2016

Wuryandani, W. & F. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuliati (2015). Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Di Kelas Xi-Is-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh . Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015, ISSN: 2302-5158

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Yuniari, K. M., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbasis Penilaian PortofolioTerhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17912

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)