Pengaruh Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbasis Penilaian PortofolioTerhadap Hasil Belajar PKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17912Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis penilaian portofolio dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen), dengan desain Non Equivalent post test only control grup desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Sawan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Sekumpul dan siswa kelas IV SD N 2 Lemukih. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis penilaian portofolio dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Sawan. Hal ini ditunjukkan oleh thitung = (5,679) ttabel =(2,028). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (21,40) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (16,8). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis penilaian portofolio memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Adnyana, I. G. O. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Krisna Dewi, N. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD.
Lestari, N. M. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu- Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn, 1, 163–168.
Murdiono, M. (2012). Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Monawati (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016, hal 12-21 ISSN: 2337-9227
Ramlah (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xii Sman 9 Pekanbaru . Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 1 Juli 2017
Rosidah ,Ani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips . Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017
Sugianti, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masaah Berbantuan Assesment Portopolio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD,5(2).Retrievedfromhttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD /article/view/10925/7001
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Tri ,Budi (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta . Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Februari 2016
Wuryandani, W. & F. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yuliati (2015). Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Di Kelas Xi-Is-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh . Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015, ISSN: 2302-5158
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)