Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19340Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Talk Write(TTW) berbasis penilaian portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Banjar. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Banjar dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas V SD Negeri 5 Banjar dengan jumlah siswa 17 orang, yang ditentukan dengan teknik group rondom sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t sebesar thitung 7,436 > ttabel 2,0243. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran TTW berbasis penilaian portofolio terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Penilaian Portofolio, TTW
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Ariasa, J. (2015). Pengaruh Model TTW Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas IV Universitas Pendidikan Ganesha. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5680/4134%0Aoleh IGJ Ariasa - 2015 - Dirujuk 2 kali%0A.
Dibia, D. (2007). Pendidikan Bahasa Indonesia. Singaraja: Undiksha.
Hidayat, R. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS SD Negeri Kutorisari 02 Batang, 1, 179–185. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/11839/7703.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ngalimun, D. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rahmawati, A. D. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Portofolio Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Ditinjau Dari Kepercayaan Diri, (1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7035.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pres.
Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Suadnyana, K. D. U. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Portofolio Dapat Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS dan Motivasi Berprestasi, (1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7006.
Surapranata, S, D. (2007). Penilaian Portofolio. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Warsini, K. D., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. G. R. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Assesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia (Keterampilan Membaca) dan Sikap Spiritual Siswa Kelas IV SD pada Tema Cita-Citaku. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENGARUH+PENDEKATAN+SAINTIFIK+BERBASIS+ASSESMEN+PORTOFOLIO+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+PENGETAHUAN+BAHASA+INDONESIA+%28KETERAMPILAN+MEMBACA%29+DAN+SIKAP+SPIRITUAL+SISWA+KELAS+IV+SD+PADA+TEMA+CITA-CITAKU.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)