Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X AK 3 SMK N 1 Mas Ubud dengan Menerapkan Model Discovery Learning Berbantuan LKS Terstruktur
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28507Keywords:
Model Discovery Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas X melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS terstruktur. Subyek penelitian adalah 37 siswa kelas X AK 3 SMK Negeri 1 Mas Ubud pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar matematika siswa pada siklus I yang mencapai rata-rata nilai kelas sebesar 72,16 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,30 sehingga terjadi peningkatan sebesar 5,14. Daya serap pada siklus I sebesar 72% meningkat pada siklus II mencapai 77%. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 78% meningkat pada siklus II yaitu 95%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh upaya perbaikan yang dilakukan pada setiap siklus. Pembelajaran melalui penerapan model Discovery Learning mengarahkan siswa untuk aktif menemukan informasi terkait dengan konsep yang akan dipelajari sehingga melibatkan siswa secara langsung dalam menemukan konsep yang menyebabkan konsep tersebut dapat dipahami dengan lebih baik dan pembelajaran menjadi lebih bermakna.
References
Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Meningkatkan Hasil Belajar. DIGLOSIA, 1(2), 75–78. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.11
Arikunto, Suharsimi. 2002. Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Azkiya, H., & Isnandab, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Vii Mtsn Durian Tarung Padang. Bahastra, 38(2), 95. https://doi.org/10.26555/bahastra.v38i2.8495
Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519
Djaali, 1989. Peningkatan Kualitas Pengajaran Matematika pada Tingkat Pendidikan Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan. Februari 1994, Jilid I, hal.80-98. DOI 10.17977/jip.v1i1.2261
Galuh, A., dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. (Electric Version) Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 (2) tahun 2015. https://www.neliti.com/publications/122836/penerapan-model-pembelajaran-discovery-learning-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan
Hutapea, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Program Cabri 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Dimensi Tiga. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.4186
Kadri, M., Rahmawati, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan [Electronic version]. Vol.1 (1) Edisi Agustus 2015. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2692
Kristin, Firosalia. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1, April 2016. Hal 90 – 98. ttps://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25
Marsila, W., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8
Meier, (2000). the accelerated learning handbook. Terjemahan oleh Rahmani Astuti. 2000. Bandung: Kaifa
Muslich, Masnur. 2007. K T S P (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dasar pemahaman dan pengembangan. Jakarta. Bumi Aksara.
Nurhadi, N., & Alfitry, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pemberian Motivasi oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Palapa, 8(1), 29–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696
Pangaribowo, Dimas Risqi, dkk. 2017. Penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart Case untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal. BIOEDUKASI Volume 10, Nomor 1 Halaman 47- 57. https://www.neliti.com/publications/177489/penerapan-model-pembelajaran-discovery-learning-dan-permainan-smart-case-untuk-m.
Pratiwi, N., & Yulkifli, Y. (2019). Peningkatan Kompetensi Keterampilan Peserta Didik Berbantuan Lkpd Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Fluida. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 130–139. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4219
Rosarina, Gina, Ali Sudin, Atep Sujana. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1, Hal. 371-380. Tersedia Pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3043/pdf.
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Suherman, Erman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.
Wicaksono,dkk. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.